STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA INDUSTRI KERIPIK (STUDI UD. LEMO SUKSES SEJATI KECAMATAN KULISUSU BUTON UTARA)

Septi Nur Chaerani, Jopang Jopang, Nurjannah Nurjannah

Abstract


This study aims: To find out the Strategy for Developing Small-Scale Home Business of Oblong Chips Industry at UD. Lemo Sukses Sejati Kulisusu North Buton District. The benefits of this research are the scientific development of business feasibility studies in business development majoring in Business Administration and in addition to knowledge, experience and add insight for writers, especially in solving problems and analyzing the data under study whether it is in accordance with the theory that has been obtained in the lecture bench

Informants in this study are: Business Owners 1 employee, 4 people and Retailers 2 people. The data analysis technique used is the Qualitative Descriptive Analysis method and the SWOT analysis method

The results showed that: (1). Market / Marketing aspects conducted by UD. Lemo Sukses Sejati Kulisusu North Buton District is Direct selling Internet (social media); (2) Financial Aspect is the source of capital that will be used to run the business initially, private capital and the amount of capital used to run a business of around 500 thousand excluding equipment and the monthly turnover obtained is approximately 10 million per month; (3) Technical / Production aspect is the production capacity in the production of a one-time product period for a month is 100 to 200 packs and the production system is running well so far, where the management of raw materials is produced manually by several employees; (4) Management and HR aspects are good, where each analyzes the position needed to complete certain types of work; (5) the strategy used for the Development of Small Business Home Keripik Industry is differentiation, therefore alternative competitive strategies that should be used by UD. Lemo Sukses Sejati is an SO strategy that seeks to expand / increase the type of business and improve services through the use of strength in the form of the variety of products needed, the number and variety of products, quality, flexibility, cost reduction and delivery, the existence of higher pricing policies, intensive promotions and operational activitie.


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan: Untuk mengetahui Strategi Pengembangan Usaha Industri Keripik Pada UD. Lemo Sukses Sejati Kecamatan Kulisusu Buton Utara. Manfaat penelitian ini adalah Untuk pengembangan keilmuan mengenai studi kelayakan bisnis pengembangan usaha  pada jurusan Ilmu Administrasi Bisnis dan Sebagai tambahan ilmu pengetahuan, pengalaman dan menambah wawasan bagi penulis terutama dalam memecahkan masalah dan menganalisis data yang diteliti apakah sesuai dengan teori yang telah diperoleh di bangku perkuliahan. Informan dalam penelitian ini adalah : Pemilik Usaha 1 orang karyawan, 4 orang dan Pengecer 2 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode Analisis Deskriptif Kualitatif dan Metode analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1). Aspek Pasar/ Pemasaran yang dilakukan oleh UD. Lemo Sukses Sejati Kecamatan Kulisusu Buton Utara adalah Direct selling Internet (media sosial); (2) Aspek Keuangan yakni, sumber permodalan yang akan digunakan untuk menjalankan usaha awalnya modal pribadi dan besar modal yang digunakan dalam menjalankan usaha sekitar 500 ribu diluar peralatan serta omset perbulan yang didapatkan adalah kurang lebih 10 juta perbulan; (3) Aspek Teknis/ Produksi adalah kapasitas produksi dalam produksi satu kali masa produk selama sebulan adalah 100 sampai denga  200 bungkus dan sistem produksi yang berjalan selama ini berjalan dengan baik, dimana pengolalaan bahan mentah di produksi dengan manual dari beberapa karyawan; (4) Aspek Manajemen dan SDM sudah baik, dimana masing-masing menganalisis jabatan yang diperlukan untuk menyelesaikan jenis pekerjaan tertentu; (5)  strategi yang digunakan Strategi untuk Pengembangan Usaha Industri Keripik Pada UD. Lemo Sukses Sejati Kecamatan Kulisusu Buton Utara adalah differensiasi, oleh karena itu alternatif strategi bersaing yang sebaiknya digunakan oleh UD. Lemo Sukses Sejati adalah strategi SO yaitu berupaya memperluas/menambah jenis usaha dan meningkatkan pelayanan melalui pemanfaatan kekuatan berupa bervariasinya produk yang dibutuhkan, jumlah dan variasi produk, quality, fleksibility, cost reduction dan delivery, adanya kebijakan harga yang lebih tinggi, promosi yang intensif serta kegiatan operasional.

 

Kata Kunci: Strategi Pengembangan



Keywords


Development Strategy

Full Text:

PDF

References


Ahmad, Subagyo. 2007. Studi Kelayakan Teori dan Aplikasi. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Alwi, Syafaruddin. 2001. Manajemen Sumber Daya Manusia, Strategi Keunggulan Kompetitif. BPFE UGM, Yogyakarta.

Anoraga Pandji, 2007. Pengantar bisnis. Pengelolaan Bisnis Dalam Era Globalisasi. Jakarta: Rieneka Cipta

Bambang Riyanto. 2001. Dasar-dasar Pembelanjaan Perusahaan. BPFE, Yogyakarta

Dermawan Wibisono, Ph.D,2006, Manajemen Kinerja, Erlangga.

Freddy Rangkuti, 2009, Strategi Promosi Yang Kreatif, edisi pertama, cetakan pertama, Penerbit : Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Fuady, Dr. Munir S.H., M.H., LL.M. 2008. Hukum Perusahaan Dalam Paradigma Hukum Bisnis (Berdasarkan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007). Bandung: PT Citra Aditya Bakti.

Glueck, William F. dan Jauch, Lawrence R. Manajemen Strategis dan Kebijakan Perusahaan. Jakarta: Erlangga, 1994.

Hutabarat Dan Huseini, 2018, STRATEGI : Terpadu Kemprehensif| Simultan, Jakarta : Prasetiya Mulya Publishing.

Kasmir dan Jakfar, 2003. Studi Kelayakan Bisnis . Kencana. Bogor

Kuncoro mudrajad, 2007, metode riset untuk bisnis dan ekonomi, jakarta: erlangga.

Sugiyono, 2017, Statitiska Untuk Penelitian [Edisi-29],Bandung:Alfabeta.

Sujarweni Wiratna, V, 2014, Metodologi Penelitian : Lengkap,Praktis,Dan Mudah Dipahami, Yogyakarta : Pustakabarupress




DOI: http://dx.doi.org/10.33772/bujab.v5i1.12630

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Septi Nur Chaerani, Jopang Jopang, Nurjannah Nurjannah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Universitas Halu Oleo Universitas Halu Oleo Kendari

Mailing:
Laboratorium Administrasi Bisnis
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Halu Oleo, Kendari, Indonesia

Address: Kampus Hijau Bumi Tridharma, Anduonohu, Kec. Kambu, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara 93232, Indonesia.
Phone: 0811-3666-227
Contact E-Mail: erniqomariyah_fisip@uho.ac.id
Website: https://www.uho.ac.id/ 


Creative Commons License
Business UHO: Jurnal Administrasi Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.