ANALISIS PEMBERIAN KREDIT KONSUMTIF PADA PT. BANK SULAWESI TENGGARA CABANG UTAMA KOTA KENDARI

Aldin Aldin, Arifin Utha, Ninik Endang Purwati

Abstract


This study aims to analyze the provision of consumer credit at PT. Bank Sultra, the main branch of Kendari. The informants in this study were employees of Bank Sultra who were actively involved in providing credit analysis. This type of research used in this research is to use a qualitative approach. Data collection uses: observation, interview, and documentation.

The results showed that the procedure for granting and disbursing credit at PT. Bank of Southeast Sulawesi's main branch of Kendari must be in accordance with the provisions that have become the main requirements in the Bank of Southeast Sulawesi which includes stages: credit application, taking and filling out forms, completing all the requirements, the existence of a creditworthiness test, and credit approval as well as submitting documents that has been authorized to the bookkeeping section, and making proof of general expenditure by the cashier, the document is returned to the bookkeeping section, handing over money to the debtor, credit disbursement is recorded in the cash outlay recapitulation book by the cashier.

 

 

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemberian kredit konsumtif pada PT. Bank Sultra cabang utama Kendari. Adapun informan dalam penelitian ini adalah karyawan Bank Sultra yang sedang aktif terkait dengan analisis pemberian kredit. Jenis penelitian yang digunakan dalam penuliisan ini adalah dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan: observasi, wawancara, dan dokumentasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Prosedur pemberian dan pencairan kredit di PT. Bank Sulawesi Tenggara cabang utama Kendari harus sesuai dengan ketentuan yang sudah menjadi syarat utama pada Bank Sulawesi Tenggara yang mencakup tahapan: permohonan kredit, mengambil dan mengisi form, melengkapi segala hal yang menjadi persyaratan, adanya uji kelayakan kredit, dan persetujuan kredit serta penyerahan dokumen yang sudah diotorisasi ke bagian pembukuan, dan pembuatan bukti pengeluaran umum oleh kasir, dokumen dikembalikan ke bagian pembukuan, penyerahan uang kepada debitur, pengeluaran kredit dicatat pada buku rekapitulasi pengeluaran kas oleh kasir.

 

Kata kunci : Pemberian kredit konsumtif PT. Bank Sultra Cabang Utama Kendari


Keywords


Provision of consumer credit for PT. Bank Sultra Kendari Main Branch

Full Text:

PDF

References


Adiwarman A Karim, 2006. Bank Islam Analisis Fiqih dan Keuangan. PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Almizan, 2016. Distribusi Pendapatan: Kesejahteraan Menurut Konsep Ekonomi Islam. Jurnal Kajian Ekonomi Islam, Volume 1, No.1, Januari-Juni.

Andana Hogantara, Desak Ketut Sintaasih, 2014. Pengaruh Tingkat Kesejahteraan, Kepuasan Kerja, dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Aroma Spa, Sanur Denpasar.

Andi Fahrudin, 2012. Pengantar Kesejahteraan Sosial, Revika Aditama. Bandung

Basir Barthos, 1990. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara, Jakarta.

Budiono, 2003. Pelayanan Prima Perpajakan. Rineka Cipta, Jakarta.

Hendra Eka, 2015. Pengaruh Kompetensi, Komunkasi dan Kesejahteraan terhadap Motivasi dan Implekasinya pada Kinerja karyawan Kantor Pusat Operasional PT. Bank Aceh.

Hermansyah dkk, 2005. Hukum Dagang dan Perbankan (Suatu Pengantar). Almaniora La- Qastu, Pekanbaru:

I Komang Ardana, dkk, 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia, Graha Ilmu, Yogyakarta.

Ismail, 2010. Manajemen Perbankan. Kencana, Surabaya.

Kasmir,2002. Dasar- Dasar Perbankan. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

, 2009. Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Malayu, S.P Hasibuan, 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia. PT. Bumi Aksara, Jakarta.

, 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. PT. Bumi Aksara, Jakarta.

, 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. PT. Bumi Aksara, Jakarta.

Mandala Manurung, dkk, 2004. Uang, Perbankan, dan Ekonomi Moneter. FEUI, Jakarta.

Merchant, Vander Stede, 2014. Sistem Pengadilan Manajemen: Pengukuran Kinerja, Evaluasi dan Insentif. Salemba Empat, Jakarta.

Muhammad Syaiful, 2016. Strategi Koperasi dalam Meningkatkan Kesejahteraan Anggota. Jurnal Progres Ekonomi Pembangunan, Volume 1, Nomor 1, ISSN: 2502-5171.

Muljanto Sumardi, 1982. Sumber Pendapatan, Kebutuhan Pokok dan Prilaku Menyimpang. Cv Raja Wali, Jakarta.

Rahmat Firdaus, 2003. Menejemen Perkreditan Umum (Teori, Masalah, Kebijakan dan Aplikasinya. Alfabeta, Bandung.

Rivai, Veithzal dan Andria Permata Veithzal. 2006. Credit Management Handbook (Teori, Konsep, Prosedur, dan Aplikasi Panduan Praktis Mahasiswa, Bankir, dan Nasabah). PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Sonny Sumarsono, 2003. Ekonomi Manajemen Sumber Daya Manusia dan Ketenagakerjaan. Graha Ilmu, Yogyakarta.

Suhardjono, 2003. Management Perkreditan Usaha Kecil dan Menengah. UMP AMP YKPN, Jakarta.

Susilo Martoyo, 1987. Manajemen Sumber Daya Manusia. BPFE, Yogyakarta.

Suyatni. Thomas, 2002. Kelembagaan Perbankan. LP FE. Jakarta.

Teguh Pudjo Mulyono, 2000. Manajemen Perkreditan Bagi Bank Komersil. BPFE, Jakarta.

T. Hani Handoko, 2000. Organisasi Perusahaan, Teori,Struktur, dan Prilaku. BPFE, Yogyakarta.

Tunggal Hadi Setia, 2006. Pokok-Pokok Kepegawaian Berserta Peraturan Pelaksanaanya. Harvarindo, Jakarta.

Yohanes, Ibrahim, 2004. Mengupas Tuntas Kredit Komersil dan Konsumtif dalam perjanjian kredit Bank (Perspektif Hukum Dan Ekonomi). Mandar Maju, Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.33772/bujab.v5i1.12625

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Aldin Aldin, Arifin Utha, Ninik Endang Purwati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Universitas Halu Oleo Universitas Halu Oleo Kendari

Mailing:
Laboratorium Administrasi Bisnis
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Halu Oleo, Kendari, Indonesia

Address: Kampus Hijau Bumi Tridharma, Anduonohu, Kec. Kambu, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara 93232, Indonesia.
Phone: 0811-3666-227
Contact E-Mail: erniqomariyah_fisip@uho.ac.id
Website: https://www.uho.ac.id/ 


Creative Commons License
Business UHO: Jurnal Administrasi Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.