PENGARUH FAKTOR BUDAYA, FAKTOR SOSIAL, FAKTOR PRIBADI, DAN FAKTOR TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE MEREK SAMSUNG

rina jenianti, mustakim mustakim, nurjanah nurjanah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan secara parsial maupun secara simultan antara faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi, dan faktor psikologis terhadap keputusan pembelian ponsel merek Samsung. Sampel dalam penelitian ini yaitu mahasiswa angkatan 2018 jurusan Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Halu Oleosebesar 51 orang dengan teknik random sampling. Pengumpulan data menggunakan kuisioner, observasi dandokumentasi. Dalam menganalisis data menggunakan Regresi Linear Berganda. Untuk menguji hipotesis ini menggunakan uji T, F dan uji R2. Hasil analisis regresi nilai koefisien keputusan pembelian = (7.95) dengan budaya (0.095), social (0.085), pribadi (-0.081) dan psikologi (0.452) dengan signifikansi sebesar 0,05, artinya secara setatistik nilai konstanta dan variable x bias dimasukkan kedalam model. Variable budaya, social dan psikologi memiliki pengaruh positif dan kepribadian memliki pengaruh negatif. Selain itu diperoleh hasil R2sebesar 0.372, artinya sumbangan budaya, social, pribadi dan psikologi terhadap keputusan pembelian sebesar 37,2%. Kemudian pada uji simultan F menunjukkan Fhiting> Ftabbel (5.618 > 2.61), maka H0ditolak, artinya secara simultan terdapat pengaruh signifikan antara variable independen terhadap dependen, dan pada uji parsial T menunjukkan hanya variable psikologi dengan Thitung > Ttabel(2.564 > 1.68) yang signifikan. Artinya dari ke empat variable yang ada , yang memiliki pengaruh signifikan adalah psikologi terhadap keputusan pembelian ponsel merek Samsung.

 

Kata Kunci: Budaya; Keputusan: Pribadi; Psikologi; Sosial


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.33772/bujab.v5i1.12372

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 rina jenianti, mustakim mustakim, nurjanah nurjanah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Universitas Halu Oleo Universitas Halu Oleo Kendari

Mailing:
Laboratorium Administrasi Bisnis
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Halu Oleo, Kendari, Indonesia

Address: Kampus Hijau Bumi Tridharma, Anduonohu, Kec. Kambu, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara 93232, Indonesia.
Phone: 0811-3666-227
Contact E-Mail: erniqomariyah_fisip@uho.ac.id
Website: https://www.uho.ac.id/ 


Creative Commons License
Business UHO: Jurnal Administrasi Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.