MODEL BIMBINGAN KELOMPOK BERBASIS NILAI BUDAYA MUNA UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN SOSIAL SISWA
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan model bimbingan kelompok berbasis nilai-nilai budaya Muna yang efektif untuk meningkatkan kecerdasan Sosial siswa? Desain penelitian ini menggunakan metode Educational Research and Development, dengan jumlah sampel sebanyak 10 siswa dipilih secara purposive sampling dari 304 populasi. Pengambilan sampel sebanyak 10 orang siswa, agar dalam proses pemberian treatment dalam kegiatan bimbingan efektif dan optimal.Hasil penelitian menunjukkan bahwa model bimbingan kelompok berbasis nilai-nilai budaya Muna terbukti efektif untuk meningkatkan kecerdasan Sosial siswa. Model bimbingan kelompok berbasis nilai-nilai budaya Muna yang dikembangkan merupakan sebuah proses pemberian bantuan oleh konselor kepada individu dengan berlandaskan pada nilai-nilai budaya Muna, agar individu mengenali dirinya, mengenali lingkungannya dan mampu berpikir secara obyektif dalam memaknai kehidupan baik di sekolah maupun di lingkuangan sosialnya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model bimbingan kelompok berbasis nilai-nilai budaya Muna efektif untuk meningkatkan kecerdasan Sosial siswa.Tingkat kecerdasan Sosial siswa sebelum bimbingan kelompok adalah 42.73% dan setelah bimbingan kelompok meningkat menjadi 52.83%. Terjadi peningkatan sebesar 10.09%. Peningkatan tersebut terjadi pada semua aspek kecerdasan Sosial.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 JURNAL BASTRA
Penerbit:
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia,
FKIP, Universitas Halu Oleo
Kampus Bumi Tridharma Andounohu Kendari,
Provinsi Sulawesi Tenggara – Indonesia
Tel / HP : 085241410992, email : jurnalbastra@uho.ac.id