MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA MENGGUNAKAN METODE FGD (Focus Group Discussion) SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 NAPABALANO KABUPATEN MUNA
Abstract
Penelitian ini berjudul “Meningatkan Kemampuan berbicara Siswa Menggunakan Metode FGD (Focus Group Discussion). Masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan metode FGD (Focus Group Discussion) dapat meningkatkan keterampilan berbicara Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Napabalano Kabupaten Muna?. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berbicara dengan menggunakan metode FGD (Focus Group Discussion) siswa kelas X SMA Negeri 1 Napabalano Kabupaten Muna. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pada rancangan penelitian ini, didalam proses belajar-mengajar peneliti menggunakan metode FGD. Metode FGD tersebut gunanya untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa, dimana metode FGD berasumsi bahwa, belajar bahasa yang baik, adalah belajar yang langsung menggunakan bahasa secara intensif dalam komunikasi. Tujuan metode tersebut adalah penggunaan bahasa secara lisan, agar siswa dapat berkomunikasi secara alamiah seperti penggunaan bahasa Indonesia di masyarakat. Siswa diberi latihan latihan untuk mengasosiasikan kalimat dengan artinya melalui demonstrasi, peragaan, gerakan, serta mimik secara langsung supaya tidak kaku dan terbiasa. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori keterampilan berbahasa, berbicara, pengajaran, metode FGD.
Kata Kunci: Keterampilan Berbahasa, Berbicara, Pengajaran, Metode FGD.Full Text:
1-15Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 JURNAL BASTRA
Penerbit:
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia,
FKIP, Universitas Halu Oleo
Kampus Bumi Tridharma Andounohu Kendari,
Provinsi Sulawesi Tenggara – Indonesia
Tel / HP : 085241410992, email : jurnalbastra@uho.ac.id