- Focus and Scope
- Section Policies
- Peer Review Process
- Publication Frequency
- Publication Ethics
- Peer-Reviewer Proces
Focus and Scope
JURNAL BASTRA (Bahasa dan Sastra) adalah jurnal yang dapat diakses publik yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia dan Sastra Indonesia Universitas Halu Oleo. Jurnal ini diterbitkan 4 kali setahun, setiap bulan Januari-Maret, April-Juni, Juli-September dan Oktober-Desember, Jurnal ini berisi hasil penelitian (lapangan atau studi pustaka), kajian teoretis maupun kajian kritis yang meliputi beberapa ranah kajian sebagai berikut:
- Pendidikan bahasa Indonesia, mencakup kajian mengenai pembelajaran linguistik, pembelajaran fonologi, pembelajaran morfologi, pembelajaran sintaksis, pembelajaran semantik, pembelajaran pragmatik, pembelajaran wacana, pembelajaran sosiolinguistik, dan pembelajaran psikolinguistik.
- Pendidikan sastra Indonesia, mencakup kajian mengenai pembelajaran puisi, pembelajaran prosa fiksi, serta pembelajaran drama dan film.
- Bahasa Indonesia, mencakup kajian mengenai linguistik, fonologi, morfologi, sintaksis, semantik, pragmatik, wacana, sosiolinguistik, dan psikolinguistik.
- Sastra Indonesia, mencakup kajian mengenai puisi, prosa fiksi, drama, dan film dengan pendekatan struktural, stilistika, semiotika, sosiologi sastra, psikologi sastra, psikoanalis, ekologi sastra, dekonstruksi, filologi, fenomenologi, feminisme, resepsi sastra, dan antropologi sastra.
JURNAL BASTRA (Language and Literature) is a publicly accessible journal published by the Halu Oleo University Indonesian Language and Literature Study Program. This journal is published 4 times a year, every January, April, July and December. This journal contains research results (field or literature study), theoretical studies as well as critical studies which cover several areas of study as follows.
- Indonesian language education, includes studies on linguistic learning, phonology learning, morphology learning, syntax learning, semantic learning, pragmatic learning, discourse learning, sociolinguistic learning, and psycholinguistic learning.
- Indonesian literary education, including studies on poetry learning, prose fiction learning, and drama and film learning.
- Indonesian, including studies on linguistics, phonology, morphology, syntax, semantics, pragmatics, discourse, sociolinguistics, and psycholinguistics.
- Indonesian literature, including studies on poetry, fictional prose, drama and film with structural, stylistic, semiotic, sociology of literature, literary psychology, psychoanalyst, literary ecology, deconstruction, philology, phenomenology, feminism, literary reception, and literary anthropology .
Section Policies
Articles
Open Submissions | Indexed | Peer Reviewed |
Peer Review Process
Artikel yang dikirim ke Jurnal Bastra (Bahasa dan Sastra) akan diperiksa oleh Editor. Proses review artikel melalui sistem double blind review. Artikel pertama kali dievaluasi oleh dewan Editor, artikel yang tidak sesuai dengan kriteria jurnal akan ditolak tanpa ditindaklanjuti. Artikel yang dinilai menarik dan memiliki kebaruan akan dipertimbangkan dan dikirim ke Reviewer. Dewan editor membuat keputusan berdasarkan rekomendasi dari Reviewer dengan kemungkinan: ditolak, revisi mayor, revisi minor, dan diterima. Semua proses evaluasi artikel membutuhkan waktu tidak lebih dari enam bulan
Publication Frequency
Jadwal Terbit Jurnal ini :
- Januari-Maret
- April-Juni
- Juli-September
- Oktober-Desember
Publication Ethics
Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa merupakan jurnal ilmiah yang menyajikan artikel tentang pengetahuan dan informasi riset serta pengembangan terkini dalam bidang pendidikan bahasa khususnya.
Pernyataan kode etik ilmiah ini merupakan pernyataan kode etik semua pihak yang terlibat dalam proses publikasi jurnal ilmiah ini yaitu pengelola, editor, mitra bestari, dan penulis (author). Kode Etika Publikasi Ilmiah pada intinya menjunjung tiga nilai etika dalam publikasi, yaitu (i) Kenetralan, yakni bebas dari pertentangan kepentingan dalam pengelolaan publikasi; (ii) Keadilan, yakni memberikan hak kepengarangan kepada yang berhak sebagai pengarang; dan (iii) Kejujuran, yakni bebas dari duplikasi, fabrikasi, falsifikasi, dan plagiarisme dalam publikasi.
1. Penulis
- Penulis harus menyajikan naskah hasil pemikiran atau penelitiannya secara jelas, jujur, dan tanpa duplikasi, fabrikasi data, falsifikasi data dan plagiarisme.
- Penulis bertanggungjawab atas konfirmasi yang diajukan atas naskah yang telah ditulis.
- Penulis harus menunjukkan rujukan dari pendapat dan karya orang lain yang dikutip
- Penulis harus menulis naskah secara etis, jujur dan bertanggung jawab, sesuai dengan peraturan penulisan ilmiah yang berlaku.
- Penulis tidak melakukan double submit ke Jurnal lain saat proses di Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa masih berlangsung.
- Penulis tidak berkeberatan jika naskahnya mengalami penyuntingan pada proses penelaahan dan layout tanpa mengubah subtansi atau ide pokok dari tulisan.
2. Penerbit
- Penerbit Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa bertanggungjawab menerbitkan naskah yang setelah melalui proses editing, penelaahan, dan layout sesuai dengan kaidah penerbitan Jurnal Ilmiah.
- Penerbit Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa bertanggungjawab menjamin kebebasan akademik bagi para editor dan Mitrabestari dalam menjalankan tugasnya masing-masing.
- Penerbit Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa bertanggungjawab menjaga privasi dan melindungi kekayaan intelektual dan hak cipta, dan kebebasan editorial.
3. Editor
- Editor Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa bertanggungjawab dalam memutuskan naskah yang layak dipublikasikan melalui rapat dewan editor yang mengacu pada persyaratan hukum yang berlaku mengenai pencemaran nama baik, pelanggaran hak cipta, duplikasi, fabrikasi data, falsifikasi data dan plagiarisme.
- Dalam proses penelaahan dan penerimaan naskah, tim editor Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa berasaskan pada asas kesamaan perlakuan dalam pengambilan keputusan untuk mempublikasi naskah dengan tidak membedakan ras, jenis kelamin, agama, etnis, kewarganegaraan, atau ideologi politik penulis.
- Editor dan tim editorial Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa tidak akan mengungkapkan setiap informasi tentang naskah atau naskah yang masuk kecuali atas izin penulisnya.
- Naskah yang tidak diterbitkan tidak akan digunakan oleh penelitian editor Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa untuk kepentingannya sendiri dan akan dikembalikan langsung kepada penulisnya.
4. Reviewer
- Informasi mengenai manuskrip yang disampaikan oleh penulis harus dijaga kerahasiaannya dan diperlakukan sebagai informasi yang istimewa.
- Reviewer harus memastikan bahwa penulis telah mengakui semua sumber data yang digunakan dalam penelitian.
- Reviewer harus mengidentifikasi karya yang diterbitkan yang relevan dengan topik Jurnal Bastra (Bahasa dan Sastra)dan belum pernah digunakan oleh penulis lainnya.
- Review naskah yang diajukan harus dilakukan secara objektif dan review harus mengungkapkan pandangan dengan jelas dengan argumen pendukung yang cukup.
- Reviewer harus konstruktif dalam ulasannya dan memberikan umpan balik untuk membantu para penulis dalam memperbaiki naskahnya.
- Reviewer harus merespon naskah penulis dalam jangka waktu yang tepat
- Reviewer hanya menelaah khusus subtansi artikel
5. Mitrabestari
Mitrabestari Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa membantu editor dalam membuat keputusan editorial terhadap naskah/naskah yang masuk
- Mitrabestari Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa bertanggungjawab terhadap rekomendasi naskah yang ditelaahnya.
- Telaah naskah dilakukan secara obyektif, dan didukung oleh argumentasi yang jelas.
- Mitrabestari Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa bertanggungjawab terhadap kutipan, referensi, duplikasi, fabrikasi data, falsifikasi data dan plagiarisme atas naskah yang ditelaahnya.
- Mitrabestari Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa harus selalu menjaga kerahasiaan informasi dan tidak menggunakan informasi dari naskah yang ditelaahnya untuk keuntungan/kepentingan pribadi.
Peer-Reviewer Proces
Semua artikel yang dikirim di Jurnal BASTRA akan diperiksa oleh Editor. Proses review menggunakan sistem double blind review. Artikel yang dievaluasi oleh Editor yang tidak sesuai dengan kriteria Jurnal akan ditolak tanpa ditindaklanjuti oleh Reviewer. Artikel yang dinilai menarik bagi pembaca dan memiliki kebaruan akan dikirim ke Reviewer. Editor membuat keputusan berdasarkan rekomendasi dari dua orang Reviewer dengan kemungkinan: ditolak, revisi mayor, revisi minor, dan diterima. Semua proses evaluasi artikel membutuhkan waktu tidak lebih dari 2 bulan